Cara Membuat Motor Semakin Kencang Tanpa Harus Bore Up
Cara Membuat Motor Semakin Kencang Tanpa Harus Bore
Up
Kapasitas
silinder sebuah motor akhir-akhir ini semakin berkembang, lihat saja sekarang
motor sekelas matikpun dipersenjatai dengan mesin kapasitas 150 cc. Berbagai
cara untuk meningkatkan performa motorpun dapat dilakukan. Salah satunya dengan
cara bore up atau sekedar tune up. Bore up sendiri adalah meningkatkan
kapasitas mesin dengan cara mengganti blok mesin dengan akuran yang lebih
besar. Sedangkan tune up adalah meningkatkan kinerja mesin berkapasitas cc
standar atau sering disebut servis mesin.
Bagi kamu yang ingin motormu semakin kencang namun tanpa mengganti kapasitas mesin, tune up bisa menjadi pilihan. Tune up juga lebih murah dibandingkan bore up. Lalu bagaimana cara meningkatkan performa motor tanpa harus mengganti kapasitas blok mesin? Bagian atau komponen apa saja pada motor yang harus diganti? Yuk simak ulasannya berikut ini.
Bagi kamu yang ingin motormu semakin kencang namun tanpa mengganti kapasitas mesin, tune up bisa menjadi pilihan. Tune up juga lebih murah dibandingkan bore up. Lalu bagaimana cara meningkatkan performa motor tanpa harus mengganti kapasitas blok mesin? Bagian atau komponen apa saja pada motor yang harus diganti? Yuk simak ulasannya berikut ini.
1. Gunakan CDI racing
CDI berfungsi untuk membatasi
kecepatan sebuah motor. CDI standar pada motor sudah dirancang untuk membatasi
putaran mesin pada kecepatan tertentu. sedangkan CDI racing dirancang dengan
batas putaran mesin yang lebih tinggi. Jadi, dengan mengganti CDI standar
dengan CDI racing maka kecepatan akselerasi ataupun top speed motormu akan
naik.
2. Gunakan knalpot racing.
2. Gunakan knalpot racing.
Lubang keluar sisa
pembakaran mesin motor juga sangat berpengaruh pada performa sebuah motor. Sisa
pembuangan motor akan jadi lebih bebas dengan mengganti knalpot standar dengan
knalpot racing. Penggantian knalpot racing juga dapat menaikkan akselerasi dan
top speed motor.
3. Gunakan koil racing.
Koil merupakan komponen pada motor yang
berfungsi mirip seperti pemantik api namun komponen yang dialiri listrik adalah
busi motor. koil berhubungan dengan pangapian motor, semakin besar pengapian
motor maka akan semakin baik. Koil racing yang paling sering digunakan adalah
koil yamaha YZ125 thailand karena koil ini memiliki pengapian yang besar dan
stabil. Selain itu tersedia juga koil racing aftermarket seperti merek ultra
speed racing dan masih banyak lainnya.
4. Gunakan kampas kopling dan per
kopling racing.
Mengganti kampas kopling dan per kopling
berhubungan dengan akselerasi motor. kampas dan per kopling racing akan membuat
akselerasi motor semakin cepat dan responsif. Pilihlah bahan kampas kopling dan
per kopling yang berkualitas. Seperti kampas kopling yang berbahan kevlar. Kamu
juga bisa mengadopsi kampas kopling milik motor lain selama tidak menggangu dan
membebani kinerja mesin.
5. Gunakan gas spontan.
Gas spontan juga dapat menambah
akselerasi motor. Gas spontan dirancang untuk mempercepat buka tutup trotle
sehingga motor semakin responsif. Gunakanlah gas spontan yang berkualitas
sehingga lebih awet. Beberapa merek yang bisa jadi pilihan adalah daytona dan
KTC.
6. Gunakan noken as racing.
Noken as motor berhubungan dengan durasi
putaran mesin pada motor. penggantian noken as dimaksudkan untuk mempercepat
putaran mesin motor sehingga akselerasi motor naik. Mengganti noken as
mempunyai kekurangan yaitu suara mesin yang akan berubah.
7. Gunakan karburator racing.
Karburator berfungsi mengatur masuknya
udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran. Penggantian karburator juga dapat
menambah akselerasi dan top speed sepeda motor. Salah satu tipe karburator
racing yang banyak digunakan untuk ajang drag dan road race adalah PE 28.
8. Gunakan ECU racing.
Penggantian
ECU hanya dapat kamu aplikasikan untuk motor dengan tipe injeksi. Fungsi ECU
hampir sama seperti CDI , namun ECU terhubung dengan perangkat elektronik
injeksi pada motor. ECU memiliki harga yang cukup mahal karena fungsinya yang
lebih kompleks.
Komentar
Posting Komentar