Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang
Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian
Menjadi 200 cc Aman dan Kencang
Selamat datang di blog
sederhana ini, Kali ini saya akan membahas artikel tentang Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang,
Sebelumnya kita harus tau dulu apa itu bore up dan
satu lagi ada yang namanya stroke up, Mari kita
kenal dulu apa arti dari dua istilah tersebut.
Bore up artinya mengganti piston dengan piston
berdiameter lebih besar. Pabrikan motor juga banyak yang menyediakan piston
pengganti ori dengan ukuran lebih besar, istilahnya Piston Oversize (os). Tapi
biasanya hanya lebih besar sedikit saja dari standarnya, misal naik 0,5mm
(os50) sampai 3mm (os300).
Untuk FU setau saya suzuki tidak menyediakan ukuran oversizenya, jadi kalau mau
bore up ya harus comot piston milik motor lain. Yang sering dipakai fu antara
lain Piston Tiger & CBR150 (63,5mm), Scorpio (70mm), Kawasaki
Boss/Eliminator (65mm). Harga sekitar 250-350rb.
Misalnya FU ganti piston scorpio, maka tinggal hitung 0,785 x 70 x 70 x 48,8 =
187cc
Stroke Up artinya menaikan langkah piston.
Dilakukan dengan merubah posisi poros piston di kruk as (Big End) supaya jarak
naik turun piston (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. TMB nya lebih turun, TMA nya
lebih tinggi. Sekedar mengganti stang piston (con rod) dengan stang lebih
panjang tak akan merubah stroke selama poros bigend tak berubah.
Ada dua cara alternatif yang ditempuh untuk stroke up:
1. Dengan menggeser Big End standar lebih dekat ke tepi daun kruk as (las geser
manual).
2. Dengan mengganti Big End standar dengan Pen stroker aftermarket.
Mana yang lebih direkomendasikan? menurut saya sih dua duanya sama aja kuatnya
selama pengerjaannya rapi dan presisi. FU saya sendiri pernah merasakan dua
cara ini. Pertama stroke up pake pen LHK 4mm, lalu nyobain
juga stroke up dengan geser manual sejauh 5mm. AMAN
Nah sudah mengerti Dua istilah diatas, Sekarang kita masuk ke topik bahasan
kita yaitu Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang.
Dengan kapasitas 150 cc dan teknologi DOHC dengan 4 katup, motor ini sebenarnya
sudah memiliki power yang besar. Motor underbone yang pertama kali muncul tahun
2004 silam tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 11.7 kw (16.0 PS) pada
putaran 9.500 rpm. Dengan daya sebesar itu saya kira sudah cukup untuk
melintasi jalanan yang ada di Indonesia. Namun bagi para pecinta modifikasi
khususnya kaum muda selalu saja kurang puas dengan spesifikasi bawaan pabrik.
Berbagai carapun dilakukan untuk mendongkrak performa Satria FU. Jika anda
adalah salah satunya mungkin cara ini bisa anda lakukan.
Untuk didapatkan kapasitas sebesar 200 cc maka perlu dilakukan Bore up pada Satria F 150. Piston bawaan pabrik
disingkirkan dan diganti piston 68 mm eliminator. Namun jika hanya dengan
mengganti piston saja maka belum didapatkan kapasitas sebesar 200 cc. Untuk itu
perlu dilakukan stroke up. Cukup hanya dengan 3 mm maka secara otomatis langkah
piston akan bertambah sepanjang 6 mm. Langkah piston standar pada satria Fu
adalah 48,8 mm sehingga akan menjadi 54,8 mm. Dengan demikian kapasitas akan
membengkak menjadi 198,9 cc.
Kapasitas besar namun jika tidak didukung dengan pasokan bahan bakar yang
memadai ya Cuma mubadzir. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian pada klep dan
noken asnya. Anda bisa membeli noken as baru atau mengcustumnya sendiri, yang
jelas usahakan durasinya 260 derajat. Klep standar yang hanya berdiameter 22 mm
dan 19 mm perlu diganti dengan diameter 25 mm dan 22 mm. Agar lebih maksimal
sector pengapian juga perlu diperhatikan. Penggunaan busi iridium dan CDI
racing akan membuat api lebih optimal sehingga pembakaran akan lebih sempurna.
Nah demikianlah cara bore up Satria F 150 ini agar kapasitasnya bisa mencapai
200 cc.
Nah Demikianlah Artikel tantang Cara Bore Up Satria Fu Buat
Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang. Semoga bermanfaat dan bisa
menambah ilmu dan wawasan untuk semuanya. Jangan lupa baca-baca artikel menarik
lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih.
|
|
Bore up artinya mengganti piston dengan piston berdiameter lebih besar. Pabrikan motor juga banyak yang menyediakan piston pengganti ori dengan ukuran lebih besar, istilahnya Piston Oversize (os). Tapi biasanya hanya lebih besar sedikit saja dari standarnya, misal naik 0,5mm (os50) sampai 3mm (os300).
Untuk FU setau saya suzuki tidak menyediakan ukuran oversizenya, jadi kalau mau bore up ya harus comot piston milik motor lain. Yang sering dipakai fu antara lain Piston Tiger & CBR150 (63,5mm), Scorpio (70mm), Kawasaki Boss/Eliminator (65mm). Harga sekitar 250-350rb.
Misalnya FU ganti piston scorpio, maka tinggal hitung 0,785 x 70 x 70 x 48,8 = 187cc
Stroke Up artinya menaikan langkah piston. Dilakukan dengan merubah posisi poros piston di kruk as (Big End) supaya jarak naik turun piston (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. TMB nya lebih turun, TMA nya lebih tinggi. Sekedar mengganti stang piston (con rod) dengan stang lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros bigend tak berubah.
Ada dua cara alternatif yang ditempuh untuk stroke up:
1. Dengan menggeser Big End standar lebih dekat ke tepi daun kruk as (las geser manual).
2. Dengan mengganti Big End standar dengan Pen stroker aftermarket.
Mana yang lebih direkomendasikan? menurut saya sih dua duanya sama aja kuatnya selama pengerjaannya rapi dan presisi. FU saya sendiri pernah merasakan dua cara ini. Pertama stroke up pake pen LHK 4mm, lalu nyobain
Nah sudah mengerti Dua istilah diatas, Sekarang kita masuk ke topik bahasan kita yaitu Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang.
Dengan kapasitas 150 cc dan teknologi DOHC dengan 4 katup, motor ini sebenarnya sudah memiliki power yang besar. Motor underbone yang pertama kali muncul tahun 2004 silam tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 11.7 kw (16.0 PS) pada putaran 9.500 rpm. Dengan daya sebesar itu saya kira sudah cukup untuk melintasi jalanan yang ada di Indonesia. Namun bagi para pecinta modifikasi khususnya kaum muda selalu saja kurang puas dengan spesifikasi bawaan pabrik. Berbagai carapun dilakukan untuk mendongkrak performa Satria FU. Jika anda adalah salah satunya mungkin cara ini bisa anda lakukan.
Untuk didapatkan kapasitas sebesar 200 cc maka perlu dilakukan Bore up pada Satria F 150. Piston bawaan pabrik disingkirkan dan diganti piston 68 mm eliminator. Namun jika hanya dengan mengganti piston saja maka belum didapatkan kapasitas sebesar 200 cc. Untuk itu perlu dilakukan stroke up. Cukup hanya dengan 3 mm maka secara otomatis langkah piston akan bertambah sepanjang 6 mm. Langkah piston standar pada satria Fu adalah 48,8 mm sehingga akan menjadi 54,8 mm. Dengan demikian kapasitas akan membengkak menjadi 198,9 cc.
Kapasitas besar namun jika tidak didukung dengan pasokan bahan bakar yang memadai ya Cuma mubadzir. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian pada klep dan noken asnya. Anda bisa membeli noken as baru atau mengcustumnya sendiri, yang jelas usahakan durasinya 260 derajat. Klep standar yang hanya berdiameter 22 mm dan 19 mm perlu diganti dengan diameter 25 mm dan 22 mm. Agar lebih maksimal sector pengapian juga perlu diperhatikan. Penggunaan busi iridium dan CDI racing akan membuat api lebih optimal sehingga pembakaran akan lebih sempurna. Nah demikianlah cara bore up Satria F 150 ini agar kapasitasnya bisa mencapai 200 cc.
Nah Demikianlah Artikel tantang Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan wawasan untuk semuanya. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih.
Mau tanya jika sudah nambah stroke up 3 mm apakah isi penambahan pak pada blok kop atau seger ???
BalasHapusLinier buringnya diganti pake apa bang
BalasHapusKak. Klo bore up 66mm
BalasHapusBisa gak dapat 190cc buat harian. Klo bisa itu apa aja yg di rubah kak... Tolong infonya ya kak... Soalnya motorku selalu di reme kan..
Bisa Mah, Klo Yang Seting Motor Nya Profesional (Presisi)
HapusMinta solusinya hu boor up yg aman buat harian. Karna saya br up cuman naikin piston ke atas. Sekarang stang kena. Tengyuuu huu
BalasHapusSatria Fu Pake Piston 66mm
HapusPake Stang Seher Tiger
Pengapian
Klep 25/22
Karburator
Sama Kenalpot
Itu Larinya Wis Ora Umum Mah😂
Untuk pemakaian stang Tiger, yg perlu d rubah apa aja? Apakah PNP ke kruk as?
HapusKak kalo Fu ganti piston 68 ganti blok nya apa tidak?
BalasHapusBang kalo make noken as 280 bisa engga bang ??
BalasHapusApa harus di gedein lagi yang lain
Soalnya nyari yang 260 engga nemu